Mengenal “Procrastinating”

Jadi, apa itu procrastinating? Kalimat yang cukup sulit, bukan?

menurut mbah wikipedia :

In psychology, procrastination refers to the act of replacing high-priority actions with tasks of low-priority, and thus putting off important tasks to a later time.

Simpelnya, procrastination adalah sikap menunda – nunda pekerjaan. Suatu hal yang sangat sering gue lakukan.😆

Mungkin ini adalah hal yang biasa.. Tapi apa yang terjadi jika sikap procrastionation ini kita simpan terlalu lama? Wah, bisa merugikan diri sendiri dan orang lain tentunya.

Jadi, mari kita kenalan sama hal yang paling sering menggangu hidup saya kita dan bagaimana cara menanganinya, oke?

Kenapa sih kita menunda – nunda pekerjaan?

Sebelu masuk ke alasannya, mari kita lihat ciri dari si penunda pekerjaan ini (gue)   :

  1. Optimis vs Takut

    Seorang penunda – nunda pekerjaan (procrastinator) percaya diri bahwa dia dapat menyelesaikan pekerjaannya ketika hampir mencapai deadline. Well, pada faktanya ketika kita hampir mencapai deadline kita bakalan lebih panik bekerja. Pastinya hasil kerjaan yang kita lakukan pun kurang baik. Alasan sebenarnya adalah karena malas, takut tidak bisa, atau memang tidak menyukai pekerjaan tersebut, sih.
  2. Merasa terlalu sibuk

    Merasa terlalu sibuk membuat procrastinator tidak mengerjakan tugasnya. Padahal ada tugas yang lebih penting, tapi dia malah mengerjakan tugas yang tidak terlalu penting terlebih dahulu. Pada akhirnya, tidak satupun pekerjaan yang dikerjakan. Haha. (gue banget😦 )
  3. Keras kepala

    Seorang procrastinator merasa bahwa dirinya sama sekali tidak bisa diatur dalam menangani sebuah pekerjaan. Hal ini terjadi karena ada keyakinan bahwa segala sesuatu harus diatur oleh diri sendiri dan harus menunggu mood yang bagus muncul dengan sendirinya. Nahloh.
  4. Selalu merasa menjadi korban

    Procrastinator merasa bahwa dia adalah korban dari keadaan karena tidak bisa mengerjakan tugas dengan baik dan nilainya yang jelek. Mereka tidak sadar bahwa hal tersebut terjadi akibat diri mereka sendiri.
  5. Suka beralih

    Saat procrastinator mengerjakan tugas, tiba – tiba dia ingin mendengarkan musik atau nonton TV. Karena ingin menghindari tugas yang bikin takut, akhirnya procrastinator melakukan hal – hal yang kurang penting.

Jadi, kenapa bisa seperti itu?

  • Kepercayaan yang salah
    Maksudnya adalah kepercayaan yang salah jika pekerjaan akan lebih menantang ketika kita berada di bawah tekanan.
  • Takut gagal
    Ketakutan akan kegagalan membuat kita menghindari pekerjaan tersebut.
  • Perfeksionis
    Yang pada akhirnya membuat kita tidak mau mengerjakan pekerjaan yang tidak kita sukai. wew.
  • Terburu – buru
    Sifat buru – buru membuat procrastinator beralih melakukan tugas selain tugas utamanya
  • Pemberontak
    Procrastination bisa muncul karena adanya sifat otoriter dari orang tua / atasan yang suka mengatur pekerjaan/kehidupan kita. Procrastinaton muncul dengan cara tidak ingin diatur kehidupannya.

Jadi, bagaimana cara menanganinya?

Well, kalo kita nggak suka pekerjaan tersebut ya jangan lakukan. Kalau memang terpaksa untuk melakukan, ini ada tips siap pakai untuk menghadapi procrastination :

  1. Do it for someone you love!!
    Kalo kita mengerjakan sesuatu untuk orang yang kita cintai, pastinya kita nggak akan malas, dong! Jadi, mari kita bayangkan ketika kita melakukan sesuatu, kita melakukannya untuk orangtua, masyarakat, dan bangsa.. Merdeka! (alasan yang gue tulis tadi tidak berlaku untuk orang yang tidak memiliki semangat patriotisme, silahkan cari orang yang kalian cintai sendiri untuk menjadi sebuah sebab)
  2. Lakukan di waktu produktif kita
    Terkadang ada jam – jam dimana kita sangat produktif. Gue pribadi lebih suka mengerjakan sesuatu di malam hari karena gue merasa bisa lebih fokus dalam melakukannya. Jadi, setiap habis magrhib gue selalu action untuk mengerjakan tugas yang belum terkerjakan, dan segala macemnya. Kamu pasti lebih tau mana waktu produktifmu, betul, kan?😀
  3. Lakukan dengan cara yang lain
    Untuk mencapai sesuatu, kita nggak harus pake cara yang normal. Pake aja cara unik a la kita sendiri, dijamin pekerjaan yang kita lakukan pun jadi lebih menyenangkan, deh!😆
  4. Beri hadiah
    Terkadang kita jarang memberikan diri kita hadiah, lho. Memberi reward sama diri kita sendiri penting banget supaya kita bisa tetap semangat dan sadar bahwa kita telah mencapai sesuatu. Sekali – kali, bolehlah kita beli handphone baru untuk diri kita sendiri. Yaa pokoknya ketika kamu udah mencapai target, jangan lupa beri hadiah untuk dirimu sendiri, oke??
  5. Pikirkan konsekuensi ketika kita menyerah/tidak melakukannya
    Setiap pekerjaan yang tidak kita lakukan pasti ada konsekuensinya dong. Bila konsekuensinya bahaya untuk diri kita sendiri pastilah kita akan lebih waspada untuk menyelesaikan tugas yang kita miliki. Kalo engga, kitanya yang bahaya. Makanya, pikirin deh tuh kalo tugas yang kita miliki nggak kita kerjakan. Bisa – bisa kita nggak dapet duit atau malah dipecat dari pekerjaan. Waduh, bahaya tuh!
  6. Bagikan perasaan dan keadaan kita kepada orang yang bisa memotivasi kita
    Memiliki orang yang bisa memotivasi kita adalah sesuatu yang baik. Jangan ragu – ragu untuk berbagi dan meminta bantuan kepada orang yang bisa kamu andalkan. Terkadang, untuk melakukan sesuatu kita cuman butuh motivasi lho!

Tuh deh tips and tricknya. Jangan lupa diterapkan ya. Post ini pun sekaligus mengingatkan gue untuk tidak menunda pekerjaan lagi. Let’s get this party started beibeh!!

source :

wikipedia : procrastination

kaskus.us

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Posted on June 25, 2011, in Mind and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: