Parenting 9 April 2011

Hi guys! Gue pengen sedikit bercerita tentang kegiatan parenting kmaren pada tanggal 9 April 2011, udah lewat sih tapi kayaknya asik untuk direview kembali pengalaman yang udah ada heheheh.

Pada tanggal 9 April, ada acara di Surau Baitul Amin bernama Parenting. Kebetulan parenting ini banyak didominasi pesertanya oleh bapak ibu yang udah kimpoi, sehingga KidsPoint Baitul Amin bekerja sama dengan Youth Club Baitul Amin untuk membuat acara kecil untuk anak – anak peserta Parenting. Ajib.

Peserta anak – anaknya terdiri dari anak umur NOL (tentunya pengukuran secara interval) sampai 11 TAHUN. Acara dibagi dua yaitu untuk anak berumur NOL sampai 5 Tahun (ingat, pengukuran secara interval) dan anak 6 Tahun sampai dengan 12 Tahun. Kebetulan YCBA kebagian yang 6 s/d 12 Tahun.

Hasil dari pengamatan gue adalah sebagai berikut :

Dari sisi peserta :

  1. Ternyata anak kecil umur 6 tahun penuh tenaga! Beda dengan kita – kita yang umurnya masih belasan sampai paling tua 21 tahun. Mau ngimbangin larinya anak kecil juga mpot mpotan dah. Main games dari satu pos ke pos lain nggak capek – capek. Mana larinya kenceng lagi. Wahaha. Abis zuhur aja masih minta games, padahal yang jaga udah ngidem kasur doang tuh di otaknya hahahahaha.

    Intinya sih ternyata anak umur segitu energinya super banyak, sehingga kita perlu juga ngimbangin mereka dengan game yang ‘ekstra’ makan tenaga, kalau bisa abisin deh tuh tenaga mereka sebelum zuhur, hahaha. Supaya abis zuhur bisa tidur bersama.

  2. Untuk sarana kreativitas, ternyata cukup diminati sama anak – anak umur segitu. Kayak kemaren tuh menggambar semuanya antusias banget sampai ada salah satu faskel kita ikutan ngegambar juga, ups siapa yaa hahaha. Saran aja sih, gimana kalo next time untuk kreativitas kita kasih tema? Lebih menantang dan mikir nggak ya buat anak – anak tersebut? Worth to try🙂
  3.  Anak – anak suka tebak – tebakan! Next time ketika kita udah mentok dan suasana kurang kondusif, kita bisa ajak anak – anak main tebak – tebakan.. Atau lebih lagi, kita bisa bikin acara quiz mini kayak famili 100 (jaman – jaman taun ’98 haha), komunikata, atau permainan sejenis yang ngandalin otak dan kerja sama. Dengan mini kompetisi, kali aja acara bisa lebih wow.
  4. Ketika kita mau menyediakan film, kayaknya kita perlu film yang memang menarik minat anak – anak umur segitu. Pasalnya toy story 3 yang berminat kayaknya gak terlalu banyak, malah faskelnya yang minat nonton hahaha kayaknya salah target film kita.🙄 Next time, kita akan review lagi.. kalo perlu, kita nobarin dulu beberapa film sama adik – adik kita dirumah. Untuk ngetes aja apakah dia interest sama filmnya. Cocokk??
Sekarang, kita bahas dari sisi panitia, okee..
  1. Simpan energi! Hal yang paling penting adalah kita nyimpen energi untuk permainan besok pagi. Apalagi yang jadi faskelnya, harus bisa ngimbangin energi anak – anak yang sedemikian rupa. <- jadi inget ada guru gue yang selalu menjelaskan sesuatu itu secara ‘sedemikian rupa’ hahaha.
    Tentunya yang jaga game juga perlu istirahat, sehingga besoknya bisa ngejelasin game dengan mantaps. Jangan sampe kayak kemaren karena rasanya udah kecapean kita gak jadi deh mainin puzzle final dan melihat kak Ade diarak anak kecil hahahaha.
  2. Sesimpel apapun permainannya, kita tetap perlu yang namanya TFT dan simulasi. Kayak kmaren, ternyata ada yang salah ngasih amplop sehingga jadi agak bingung alur permainannya, untung punya contekan hahaha. TFT dan simulasi wajib penting! yeah!!😆
  3. Perlu shift supaya ada waktu untuk rehat dikit. Jadi gini, kita kmaren kan pada capek banget tuh karena ikutan full time.. Jadi kita kayak gantian gitu untuk mengambil peran di masing – masing acara.
    Misalnya nih, pas pagi yang lebih heboh dan berperan itu yang jadi faskel dan ice breaker.. Pas siangnya, yang jaga games tadi bisa jadi pemeriah acara istirahat dan sesi zuhur.. terus yang sorenya kita bisa gabung sama – sama lagi deh.

    Jadi, yang tadi pagi udah keluar seluruh tenaganya heboh – heboh bisa istirahat untuk memulihkan tenaganya pas zuhur.. Nah yang tadi paginya gak terlalu bertenaga, bisa menghebohkan dirinya di siang hari.. Sehingga acara tetap terpegang.. ini juga berlaku untuk fastek yang notabane akan mondar – mandir.

    Saran gue, next time shift ini diatur supaya dalam pelaksanaannya lebih matang walaupun bisa dilakukan dadakan tapi lebih asik kalo direncanain kan? hehehe. Makanya manuver temen – temen smp pas abis zuhur bermain sama anak – anak SMP tuh udah mantep banget, mari kita tepuk tangan! #prokprokprok

Sekarang, mari kita bahas dari segi perlengkapan dan ruangan
  1. Ternyata, ruangan di perpusba kalau kemasukan cahaya terlalu banyak membuat orang agak susah nonton di LCDnya. Mungkin kita bisa akalin dengan pasang kertas karton di jendela perpusba yang kecil – kecil.
  2. Kita harus koor dulu dengan orang anshor supaya perlengkapan kita nggak dipindah – pindah atau dilindes motor😦 kalau perlu, kita bisa kasih label ‘ini adalah game, mohon jangan dipindahkan’ atau sejenisnya😆
Dan sekarang, ayo kita bahas dari sisi lainnya yang tidak termasuk sisi diatas.
  1. ternyata mencoret faskel memberikan kebahagiaan. Jadi bagi faskel yang dicoret rame – rame harap sabar yaa. Yang penting kan rahmatan lil alamin kan? hehehe
  2. Ketika kita kerja sama dengan kak elin, jangan lupa curi ilmunya dan konsultasi gratis. Kapan lagi coooooy. Berlaku juga untuk ovy (dari segi faal) dan kak ade (dari segi Psikologi Umum) dan berhubung gue masih anak baru di bidang psikologi jadi jangan sering – sering ditanya lha yaa… hehehehe
  3. Next time, ayo kita reshuffle peran kita, okehh!?

Semangat untuk project selanjutnya! YEAHHAAA

Posted on April 23, 2011, in Fun :D, Uncategorized. Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. Hehehe… makanya urusan begitu lebih baik YCBA yang handle. YCBA aja mpot2an. Apalagi FIFAS yang udah mulai pada toku.

  2. hehehe yoi nih bang. Mudah – mudahan bisa lebih baik lagi hohoho😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: