Warnet yang nyaman

Hmm, udah lama rasanya nggak bermain di warnet. Sejak ada internet di rumah, jadi gak terlalu butuh lagi dehh ke warnet. Hohoho.

Kalo gak salah waktu pertama kali gue ke warnet adalah pas kelas 2/3 smp deh, untuk main ‘Ragnarok Online’, game Online yang dulu ngetrend banget dan eforianya sangat heboh.

Yup, sejak saat itu jadi sering main ke warnet, nyari – nyari alasan dan nabung duit untuk ke warnet. Pokoknya, warnet dah! Sempet juga pengen nyoba jadi komunitas warnet, tapi apa daya karena ortu nggak mengizinkan (apalagi sampe nginep – nginep di warnet, wahh gak bakalan dehh).

Anyway, gue memang nggak terlalu warnet freak karena memang alhamdulillah di rumah udah dipasang internet jadi kalo browsing – browsing dan online kan lebih aman komputer sendiri kan? Kalo di warnet siapa tau ada keylogger yang akan senantiasa menyimpan id dan password facebook, twitter, atau kaskus. Bahayaa.

Sekarang  gue lagi ada di  sebuah warnet yang cukup dekat dari kampus gue tercinta. Karena ada LIA jam 5 jadinya mau nggak mau gue harus nunggu dulu disini,terbosan dan terdiam. Apa mendingan gue ke rumah viktor aja ya? abis ini aja deh, ngantuk coy pengen rebahan.😆

Tapi lumayanlah, internet cukup cepet disini. Mungkin karena emang lagi sepi kali yak dan cuman sebagian komputer pula yang ada gamenya (padahal gue mau main game, tapi karena malas gerak.. jadi lebih baik kita termalas aja lha ya… betul tidak.. hoohoho😆 )

So, kalo dipikir – pikir, warnet itu pastinya harus nyaman kali ya, karena sekarang pun warnet udah bisa jadi hotel hahahah. Warnet emang multifungsi dah, mulai dari internetan, main game, komunitas, dan nggak memungkinkan tempat kita mencari jodoh.🙄

Oleh karena itu, menurut gue sebuah warnet harus mencakup aspek – aspek berikut :

  • Nyaman! Kalo bisa kursinya sofa, terus duduknya bikin nggak gampang pegel. Meja komputer, mouse, perangkat audio dan hardware lainnya sebisa mungkin mendukung untuk nyaman. Nggak lupa AC lho, coba aja internetan dan main game sambil panas – panas.. Bisa agak gila kita hahahah
  • Bersih! Warnet harus bersih mulai dari peralatannya, dindingnya, lantai, ujung ruangan, pintu, bahkan di depan warnet pun kalau bisa bersih.
  • Rapih! Pastinya nggak enak banget kalo lagi internetan liat kabel yang kusut di dinding atau di bawah tempat duduk kita. Coba kalo rapih pastinya lebih cozy dan bisa berkonsenterasi kita di warnet tersebut.
  • Fasilitasnya harus bagus. Salah satu fasilitas yang paling gue rasa penting adalah kamar mandi. Coba deh bayangin kalo kamar mandinya kotor, kusam, becek dan bau.. Mau boker pun nggak akan jadi dah hahahah. Lampu harus bagus lha, terang kalo bisa. Kalo emang mengandalkan matahari sebagai penerangan, pastikan udara masuk dan udara keluar ada ventilasinya. Ini penting banget juga.
  • Fasilitas tambahan yang mendukung, misalnya ada jualan makanannya.. atau minuman.. atau bahkan ada fasilitas ngenet sambil di sebuah kamar untuk para pelancong yang kebetulan males tinggal di hotel karena mahal! Warnet bisa jadi multifungsi dah hohoho. Kalo bisa bilik warnetnya bisa dibikin buat tidur. Tapi harus layak ya jangan sampe user kita tergeletak – geletak di sembarang tempat awokwowokwokw.
  • Kerja sama! Biasanya ada orang yang ke warnet minta ngetikin, editin foto dan sebagainya. Apabila sebuah warnet nggak melayani fasilitas tersebut, kan bisa kita tawarkan ke orang – orang yang punya skill tersebut untuk buka ruko di sebelah kita.. Atau, satu ruangan aja sama kita dan kita kerja sama dah bagi hasil. Udah berkawan, mendatangkan duit kan?
  • Hal yang gak kalah penting.. Yang jaga harus friendly! Kalo ada apa – apa ya dibantuin. Sesuai dengan SOP kerja ajah. Kalo OPnya friendly, pasti yang dateng kesana pun jadi nyaman.

Yup, itulah yang gue rasa syarat – syarat warnet yang bisa memanjakan pelanggannya. Tentunya ada hal – hal lain juga yang gue overlooked dan gak dibahas seperti ketersediaan teknisi dan lain sebagainya. Tapi ini adalah ide gue lha supaya sebuah warnet bisa menjadi tempat yang menyenangkan untuk pelanggannya. Btw yaa kalo harga sebisa mungkin ya murah lhaa.. Jangan terlalu money oriented lha, kalo warnet kita rame pasti duit dateng sendiri kan.. Yang penting kita ikhlas dan suka melakukannya, betool? Okeh! Mari kita buka usaha warnet ahahah.

Posted on April 19, 2011, in Pendapat Gue and tagged , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. syarat-syarat warnet yang mantap’z gan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: